Informasi

Semarakkan Ramadhan, Pemkab Soppeng Gelar Festival Takbir dan Pukul Bedug

TAKBIR--BEDUG2

Watansoppeng – Menyemarakkan bulan Ramadhan 1437 H/2016 M, Pemerintah Kabupaten Soppeng menggelar Festival Takbir dan Pukul Bedug se Kab. Soppeng. 35 tim dari kecamatan, kelurahan dan desa memastikan diri ikut berkompetisi dalam lomba yang rencananya digelar selama delapan hari di Lapangan Gasis Watansoppeng.

Festival yang bertajuk “Gema Soppeng Bertakbir” itu diharapkan mampu membingkai semangat kepeloporan generasi muda Islam dalam menyebarkan syiar agama khususnya dikalangan pemuda.

Hal itu diutarakan Bupati Soppeng saat membuka secara resmi lomba yang ditandai dengan pemukulan bedug, Sabtu (25/06/2016), yang turut disaksikan oleh para pimpinan Forkopimda, Ketua TP. PKK Kab. Soppeng, para pimpinan SKPD, masyarakat Soppeng, tokoh agama, bahkan WNA yang merupakan penerima Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI) dari 12 negara luar yg berkunjung ke Soppeng tak luput menyaksikan lomba takbir dan bedug tersebut.

“Kami berharap bahwa melalui pendekatan agama dapat menciptakan pemuda yang berkarakter, tangguh dan dinamis serta bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara” tutur Bupati Soppeng” tutur Andi Kaswadi.

Dalam sambutannya, dia juga menggambarkan bagaimana generasi muda sekarang yang mulai mengalami krisis moral, salah satu bukti banyaknya generasi muda pengkonsumsi narkoba sehingga dia mengharapkan melalui pendekatan keagamaan dapat mengarahkan dan membimbing generasi muda ke arah yang lebih baik.

“Melalui kegiatan lomba seperti malam ini diharapkan menjadikan wahana dalam menjembatani kehidupan yang lebih damai, sejuk, dan religi dikalangan ummat sebagaimana yang dianjurkan dan diajarkan dalam agama Islam sendiri” tambahnya.

Pemkab Soppeng menggelar lomba itu bekerjsama dengan pengurus cabang Nahdlatul Ulama Kab. Soppeng dan Ikatan Alumni SMA 200/1 Watansoppeng. Ketua panitia, Akbar Pase menuturkan bahwa dalam lomba nantinya kriteria penilaian meliputi takbir, pukul bedug, dan adab.

“Ketiga kriteria penilaian itu akan dinilai oleh 3 orang juri yang berkompeten, dan festival direncanakan berlangsung selama 8 malam dan untuk babak penyisihan kan memilih 6 group terbaik untuk berkompeisi pada babak final” ungkap Akbar Pase.

Selain itu, Akbar menjelaskan bahwa peserta akan memperebutkan 1 Piala bergilir dan 6 piala tetap. Adapula piagam penghargaan, uang pembinaan serta hadiah hiburan yang akan disediakan oleh panitia untuk peserta lomba.